Pages

Manfaat belajar bahasa Inggris di sekolah dasar

Manfaat belajar bahasa di sekolah dasar


Telah ada dorongan baru dalam beberapa tahun terakhir untuk melihat bahasa asing diajarkan di tingkat sekolah dasar, dengan para menteri dan profesional pendidikan memperdebatkan perlunya memperluas penyediaan. Ini karena belajar bahasa lain pada usia dini terlihat memberikan berbagai manfaat bagi pelajar muda, dalam hal perkembangan kognitif dan kesadaran budaya mereka, sementara kemampuan berbahasa asing dipandang sebagai keterampilan profesional yang semakin berharga di kemudian hari. Tetapi dengan banyak guru, orang tua dan murid khawatir tentang tantangan untuk belajar bahasa lain yang begitu muda, apa manfaat spesifik yang telah diidentifikasi oleh mereka yang percaya dengan penuh semangat dalam kegunaannya?

Sebagai permulaan, ini adalah fakta yang diketahui secara luas bahwa anak-anak belajar bahasa lebih efektif daripada orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua, memiliki kapasitas lebih besar untuk menyerap kosa kata dan konsep gramatikal baru. Mereka juga dianggap lebih mudah menerima pembelajaran bahasa dan memiliki antusiasme alami bahwa anak-anak yang lebih tua dengan kebiasaan dan kekurangan yang mengakar kekurangan. Lingkungan sekolah dasar juga dipandang unik sesuai dengan proses pengajaran bahasa asing. Karena guru sekolah dasar memiliki tanggung jawab untuk satu kelas sepanjang tahun, mereka dapat mengintegrasikan pengajaran bahasa tambahan dengan pengajaran mata pelajaran lain, membantu membentuk pendekatan holistik terhadap pembelajaran bahasa. Meskipun diakui bahwa banyak guru saat ini kekurangan kemampuan yang diperlukan untuk menempuh pendekatan terpadu semacam itu, namun tidak mengubah fakta bahwa pendidikan dasar menawarkan lingkungan yang mendukung secara unik bagi pelajar muda.

Dalam hal pengembangan kognitif, belajar bahasa kedua telah dilaporkan membantu anak-anak menghambat penarikan kembali informasi yang tidak relevan sambil meningkatkan fokus yang dengannya mereka mendekati pembelajaran mereka. Selanjutnya, beberapa penelitian menyarankan bahwa meletakkan fondasi pembelajaran terutama bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional pada usia dini membuat pembelajaran lebih efisien di tingkat menengah, yang berarti kemampuan dan kenyamanan yang lebih besar dengan bahasa tersebut. Sementara bukti untuk efek ini tidak meyakinkan, memang benar bahwa mengenalkan bahasa tambahan pada usia dini akan meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan anak dengan bahasa kedua, yang dapat membantu mengatasi beberapa kekhawatiran yang dialami lebih jauh lagi.

Akhirnya, pembelajaran bahasa sangat berharga untuk kontribusinya terhadap kesadaran budaya. Belajar bahasa lain bertindak sebagai pintu gerbang menuju budaya baru, membantu memperluas cakrawala dan meningkatkan penerimaan anak terhadap gagasan dan nilai baru. Pemahaman lintas budaya awal semacam ini merupakan atribut penting dalam dunia global saat ini. Kemahiran berbahasa asing terutama bahasa Inggris juga merupakan keterampilan berharga yang dapat memperbaiki prospek pekerjaan di kemudian hari, yang berarti suatu awal dapat menjadi langkah yang tepat untuk memberi anak pada usaha mereka menuju kesuksesan di masa depan.

Kesimpulannya, sulit membuat kasus melawan pengajaran bahasa asing terutama bahasa Inggris di sekolah dasar. Manfaat pendidikan, budaya dan ekonomi sedemikian rupa sehingga anak-anak akan mendapatkan banyak hal dari kontak awal dengan cara berbicara yang berbeda. Sementara ketentuan yang lebih luas menimbulkan beberapa tantangan, kemungkinan keuntungan membuat sebuah tujuan layak dikejar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.